Rangkuman
Tari Nusantara
Tari Reog
Ponorogo
A. Nama
dan Asal Tarian
·
Nama : Tari Reog Ponorogo
·
Asal : Ponorogo, Jawa Timur
·
Sejarah:
Cerita tentang
Raja Ponorogo yang berniat melamar putri Kediri, Dewi Ragil Kuning, namun di
tengah perjalanan ia dicegat oleh Raja Singabarong dari Kediri. Pasukan Raja
Singabarong terdiri dari merak dan singa, sedangkan dari pihak Kerajaan Ponorogo Raja Kelono dan Wakilnya
Bujang Anom, dikawal oleh warok (pria berpakaian hitam-hitam dalam tariannya),
dan warok ini memiliki ilmu hitam mematikan. Seluruh tariannya merupakan tarian
perang antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo, dan
mengadu ilmu hitam antara keduanya, para penari biasanya dalam keadaan
"kerasukan" saat mementaskan tariannya.
B.
Bentuk Penyajian dan
Tokoh
·
Reog modern biasanya
dipentaskan dalam pernikahan, khitanan dan hari-hari besar Nasional.
·
Seni Reog Ponorogo
terdiri dari beberapa rangkaian 2 sampai 3 tarian pembukaan.
I.
Tarian pertama biasanya
dibawakan oleh 6-8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka
dipoles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani.
II.
Berikutnya adalah
tarian yang dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda. Pada reog tradisional,
penari ini biasanya diperankan oleh penari laki-laki yang berpakaian wanita.
Tarian ini dinamakan tari jaran kepang, yang harus dibedakan dengan seni tari
lain yaitu tari kuda lumping. Tarian pembukaan lainnya jika ada biasanya berupa
tarian oleh anak kecil yang membawakan adegan lucu.
·
Tari Kelompok karena
berbentuk Drama atau Sendra Tari
·
Tokoh : -
Jathil
- Warok
-
Barongan (Dada Merak)
-
Klono Sewandono
-
Bujang Ganong (Ganongan)
C.
Ragam Gerak
·
Gerak Dasar Tari Jathil
(Watak Prajurit)
1.
Lari/ Jalan nyongklang/
congklang
2.
Jalan drap di tempat
3.
Sembahan
4.
Jalan lenggang
diitempat + edreg (gerakan menggoda)
5.
Ogek bahu ke kanan dan
ke kiri
6.
Loncatan
7.
Gejukan
8.
Tanjakan
9.
Polah Kaki
10.
Ukel Karno, memutar
telapak tangan di samping telinga
11.
Lampah tiga
12.
Bumi Langit (Jathil /
Warok/ Klana Sewandana)
13.
Lawung: seblak kanan
dan seblak kiri
14.
Trisek (dihilangkan
karena hampir tidak ada)
15.
Congklang
16.
Keplok Dara
(dihilangkan karena hampir tidak ada)
17.
Gladhen peperangan atau
Kanuragan
18.
Congklang
·
Gerakan Dasar Tari
Bujang Ganong (Watak Lucu, Lincah, akrobatik)
1.
Jalan dobel loncat
2.
Besut
3.
Lampah Telu (Trecet)
4.
Sembahan
5.
Gecul (Gerakan Lucu)
6.
Ragam incengan
(sejarahnya disuruh untuk memata-matai)
7.
Bapangan
8.
Akrobatik
9.
Gejuk menggol
10. Jalan dobel loncat masuk
·
Gerak Dasar Klono
Sewandono ( Watak Gagah)
1.
Lumaksana gagah (jalan
gagah)
2.
Sabetan (3 x 8)
3.
Ulat Kengser ke kanan
dan ke kiri
4.
Lumaksana ombak banyu
trisik
5.
besut
6.
Trecet
7.
Kiprah
8.
Ogek Lambung
9.
Banteng Gambul
10. Ukel Karno
11. Coklekan Plipis
12. Coklekan nimbang
13. Dhadat/ Philesan
14. Tumpang Tali (seperti orang berhias)
15. Wuyung/ gandrungan
16. Bumi Langit
17. Sabetan Trisik
·
Gerakan Dasar Merak
1.
Lampah Jongkok/
brangkangan
2.
Kebatan berdiri
3.
Ukel Prapatan
4.
Ukel merak edrek (dadak
miring)
5.
Ukel merak nothol
6.
Ukel merak kalangan
D.
Rias dan Busana
·
Tata rias penari jathil
adalah kecenderungan warna biru pada mata dan warna merah yang menunjukkan
ketegasan. Busana penari jathil meliputi :

b. Celana dingkikan kepanjen
c. Kain panjang parang barong
d. Bara-bara dan samir
e. Epok timah hitam
f. Setagen cinde
g. Hem putih lengan panjang
h. Srempang
i. Bingge
·
Tata rias penari Warog
adalah kecenderungan warna hitam dan merah pada bagian atas muka,karna penari
warog nantinya akan memakai di muka bagianbawah/bagian bawah hidung. Busana
penari Warog meliputi :

b. Celana hitam kombor
c. Setagen
d. Epek timah
·
Penari
Bujang Ganong tidak menggunakan tata rias karna memakai topeng. Busana penari
Bujang Ganong meliputi :
a. Celana dingkikan
b. Binggel
c. Embyong gambyok
d. Epek timah hitam
e. Stagenhitam
f. Cakep hitam
g. Baju rompi warna merah.

a. Celana dingkikan
b. Binggel
c. Embyong gambyok
d. Epek timah hitam
e. Stagenhitam
f. Cakep hitam
g. Baju rompi warna merah.
·
Penari
Klono Sewandono tidak menggunakan tata rias, busana penari KlonoSewandono
meliputi :
a. Clana panjang cindewarna merah
b. Kain panjang/jarik parang barong warna putih
c. Bara dan samir warna merah
d. Epek timah warna timah
e. Stading cindewarna merah
f. Kacemerah
g. Ulur merah

a. Clana panjang cindewarna merah
b. Kain panjang/jarik parang barong warna putih
c. Bara dan samir warna merah
d. Epek timah warna timah
e. Stading cindewarna merah
f. Kacemerah
g. Ulur merah
·
Penari
Dadak Merak juga tidak menggunakan tata rias karna memakai barongan/dadak
merak. Busana penari reog/dadak merak meliputi :
a. Celana panjang gombyok
b. Embong gambyokSabuk/epak hitam merah
c. Stagen cinde
d. Cakep hitam
e. Baju kimplong

a. Celana panjang gombyok
b. Embong gambyokSabuk/epak hitam merah
c. Stagen cinde
d. Cakep hitam
e. Baju kimplong
·
Pakaian pemain music dan penyanyi lagu
daerah menggunakan jas yang dipadukan dengan celana panjang
dan topi belangkon.
E.
Iringan
·
Musik pengiring
ini di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok penyanyi yang terdiri dari dua
penyanyi yang menyanyi lagu daerah seperti Jathilan Ponorogo apabila diadakan
di kabupaten Ponorogo dan apabila di Surabaya para paguyuban reog di Surabaya
sering menggantinya dengan Semanggi Surabaya atau Jembatan Merah yang merupakan
lagu khas Surabaya dengan bahasa jawa. Lalu kelompok instrument gamelan
memiliki anggota sekitar 9 orang yang terdiri dari:
· 2 orang penabuh gendang
· 1 orang penabuh ketipung atu gendang terusan.
· 2 orang peniup slompret
· 2 orang penabuh kenong
· 1 orang penabuh gong
· 2 orang pemain
angklung
F.
Tema
·
Jika berdasarkan cerita resminya tari
Reog Ponorgo termasuk dalam tari peperangan (heroik)
G.
Keunikan Tari
·
Segi Gerak :
Singo Barong yang memiliki berat 50 – 60 kg hanya di
bawakan dan ditarikan menggunakan gigi dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang
terlatih.
·
Iringan Musik :
Keunikan musik reog ponorogo yaitu bentuk perpaduan
irama yang berlainan antara kethuk kenong dan gong yang berirama selendro
dengan bunyi slompret yang berirama pelog sehingga menghasilkan irama yang
terkesan magis.
·
Busana
Pakaian pemain musik menggunakan jas yang dipadukan
dengan celana panjang dan topi belangkon.Pakaian penyanyi lagu daerah sama
dengan pakaian pemain musi gamelan yaitu menggunakan jas yang dipadukan dengan
celana panjang dan topi belangkon.
·
Tata rias
Tata rias para pemain gamelan reog relative tanpa make
up.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar